Sinopsis: Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan, dilengkapi kasus dan pembahasannya

Sinopsis: Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan, dilengkapi kasus dan pembahasannya

Sinopsis: Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan, dilengkapi kasus dan pembahasannya

Di tengah kegalauan dalam proses belajar dan mengajar pada bidang pariwisata dan perhotelan akhirnya tercetus keinginan untuk membuat buku yang dianggap boleh membantu para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), dan untuk para praktisi pariwisata dan perhotelan agar dapat melakukan penelitian sebagai sebuah budaya kerja yang harus dilakukan setiap saat untuk dapat melakukan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan.

Buku metodologi penelitian pariwisata dan perhotelan ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep hakekat penelitian pariwisata dan perhotelan, tipe atau jenis penelitian, proses penelitian, pengukuran variabel, sampling, pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, penyusunan rencana penelitian, serta penyusunan laporan penelitian di bidang perhotelan dan pariwisata.

Tujuan yang diharapkan pada matakuliah metodologi penelitian ini, yaitu agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian, serta mampu melakukan penelitian untuk pemecahan masalah sesuai bidang pariwisata dan perhotelan. Setelah membaca buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian pariwisata dan perhotelan.

Outline

  • PRAKATA
  • Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali
  • BAB.I HAKEKAT ILMU DAN PENELITIAN
  • 1.1. Dasar-Dasar Pengetahuan
  • 1.2. Filsafat Kebenaran Ilmu
  • 1.3. Kriteria Kebenaran
  • 1.4.Terminologi
  • BAB.II BANGUNAN ILMU PARIWISATA
  • 1.1. Rasionale
  • 1.2. Sejarah Perjuangan Kemandirin Ilmu Pariwisata
  • 1.3. Kajian Tentang Ilmu Pariwisata sebagai sebuah Ilmu yang Mandiri
  • 1.4. Obyek Material dan Formal Ilmu Pariwisata
  • BAB.III BIDANG PARIWISATA DAN PERHOTELAN
  • 3.1. Pengertian Jasa Pariwisata
  • 3.1.2. Asal Definisi Pariwisata
  • 3.2. Definisi Pariwisata Berbagai Sudut Pandang
  • 3.3. Ruang Lingkup Penelitian Pariwisata dan Perhotelan
  • BAB.IV PENDEKATAN PENELITIAN PARIWISATA
  • KUALITATIF ATAU KUANTITATIF
  • 4.1. Pengertian Penelitian
  • 4.2. Jenis-jenis Penelitian Kualitatif dan Analisis Datanya
  • 4.3. Jenis-jenis Penelitian Kuanlitatif dan Analisis Datanya
  • 4.4. Penggabungan Kualitatif dan Kuantitaif
  • BAB.V DATA STATISTIK DAN SKALA PENGUKURAN
  • 5.1. Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
  • 5.2. Prosedur Penelitian Dengan Data Statistik
  • 5.3. Cara Pengumpulan Data Statistik
  • 5.4. Skala Pengukuruan
  • 5.5. Validitas dan Reliabilitas
  • 5.5.2. Reliabilitas
  • 5.5.3. Uji Validitas dan Reliabilitas
  • BAB.VI PEMILIHAN TEKNIK ANALISIS PENELITIAN
  • 6.1. Teknik Analisis Data
  • 6.2. Statistik Deskriptif
  • 6.3. Statistik Inferensia
  • BAB.VII ANALISIS SWOT DESKRIPTIF KUALITATIF UNTUK PARIWISATA
  • 7.1. Analisis S-W-O-T
  • 7.2. Analisis Matriks I-F-A-S
  • 7.3. Analisis Matriks EFAS
  • 7.4. Analisis Q-S-P-M
  • Studi Kasus: Penelitian Strategi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara Kabupaten Jembrana Bali
  • BAB.VIII THE SERVICE PROFIT CHAIN ALAT ANALISIS UNTUK PENELITIAN USAHA JASA PERHOTELAN DAN PARIWISATA
  • 8.1. Logika Kerja SPC
  • 8.2. Kualitas layanan internal (internal service quality)
  • 8.3. Kepuasan karyawan (employee satisfaction)
  • 8.4. Loyalitas karyawan (employee loyalty)
  • 8.5. Nilai layanan eksternal (external service value)
  • 8.6. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction)
  • 8.7. Loyalitas pelanggan (customer loyalty)
  • 8.8. Pertumbuhan pendapatan (revenue growth)
  • 8.9. Profitabilitas (Profitability)
  • 8.10. Hipotesis: Penerapan Analisis SPC pada Jasa Perhotelan
  • BAB.IX ANALISIS FAKTOR UNTUK PENELITIAN PARIWISATA
  • 9.1. Filosofis Analisis Faktor
  • 9.2. Penelitian Menggunakan Analisis Factor
  • Studi Kasus pada Obyek Wisata: FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN BERKUNJUNG KE KEBUN RAYA EKAKARYA BEDUGUL BALI
  • BAB.X MULTIDIMENSIONAL SCALING ANALYSIS
  • 10.1. Filososfi MDS
  • 10.2. Konsep Positioning
  • Studi Kasus: Mapping Obyek Wisata EcoTourism di Bali
  • BAB.XI ANALISIS INPUT-OUTPUT MENGUKUR DAMPAK PARIWISATA
  • 11.1. Definisi Istilah Input Output
  • 11.2. Model Input Output
  • 11.3 Perencanaan Pembangunan Ekonomi
  • 11.4 Perencanaan Ekonomi Dalam Model I-O
  • 11.5 Ketekaitan Antar Sektor Dalam Perekonomian
  • BAB.XII TEKNIK ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN-KINERJA
  • UNTUK MENGUKUR KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP DESTINASI PARIWISATA
  • 12.1. Filosofis Analisis Kepuasan Wisatawan
  • 12.2. Analisis diagram kartesius
  • 12.3. Hipotesis Penelitian
  • 12.4. Variabel Penelitian
  • 12.5. Instrumen Penelitian
  • BAB.XIII ANALISIS DESKRIPTIF: SEGMENTASI PASAR WISATAWAN
  • 13.1. Filosofi Segmen Pasar
  • 14.2. Alat Analisis Segmentasi Pasar
  • 13.3. Penentuan Variabel Segmentasi Pasar
  • 13.4. Output Hasil Penelitian Segmentasi Pasar
  • BAB.XIV REGRESI DAN KOLERASI PADA JASA PARIWISATA DAN PERHOTELAN
  • 14.1. Pengertian Tentang Hubungan Linier Antara dua Variabel
  • 14.2. Cara Penerapan Garis Regresi
  • 14.3. Koefisien Kolerasi
  • 14.4. Uji Hipotesi T-test
  • Contoh Kasus Penggunaan Analisis Regresi dan Korelasi Pada Sebuah Hotel untuk menganalisis efektivitas Advertising dan Biaya Personal Selling terhadap Total Pendapatan pada Sebuah Hotel.
  • BAB.XIV BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA USAHA JASA RESTORAN
  • 14.1. Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa Restoran
  • Contoh Kasus: BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA RESTORAN SEDAP BALI
  • BAB.XV TATA CARA PENULSAN PROPOSAL DAN LAPORAN
  • 15.1. Tata Cara Penulisan Usulan
  • 15.2. Tata Cara Penulisan Skripsi
  • BAB.XVI TEKNIK MERUJUK DAN MENGUTIP
  • 16.1. Kegunaan Merujuk
  • 16.2. Tujuan Merujuk
  • 16.3. Sumber-Sumber Rujukan
  • 16.4. Cara Pencarian
  • 16.5. Kaitan Rujukan Pustaka dengan Daftar Pustaka
  • LAMPIRAN: MATERI TAMBAHAN CONTOH PROPOSAL
  • DAFTAR PUSTAKA
  • Biodata Penulis

RENCANA LAUNCHING 7 JULI 2012

SEDANG DI EDIT OLEH TEAM PENERBIT ANDI YOGYAKARTA

 

 

 

Posted on July 21, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: