Pemasaran Pariwisata

Buku: Pemasaran Pariwisata

cover-pemasaran-pariwisata

Banyak kalangan yang menerapkan teori dan konsep-konsep pemasaran produk barang pada pemasaran pariwisata, padahal karakteristik produk pariwisata amatlah berbeda. Buku ini menyajikan perbedaan yang mendasar antara pemasaran produk pada umumnya dengan produk pariwisata khususnya di Indonesia yang saat ini sedang menggalakkan sektor kreatif ini sebagai sektor andalan pembangunan. Diharapkan buku ini dapat memberikan warna yang berbeda pada kelompok buku pemasaran dan sekaligus menjadi buku yang berguna bagi semua kalangan seperti mahasiswa pariwisata, para pengelola bisnis pariwisata, dan masyarakat umum lainnya.

Seiring dengan lahirnya ilmu pariwisata yang telah memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat manusia. Perjalanan dan pergerakan wisatawan merupakanh salah satu bentuk kegiatan dasar manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam, baik dalam bentuk pengalaman, pencerahan, penyegaran fisik dan psikis maupun dalam bentuk aktualisasi diri. Buku pemasaran pariwisata ini menyajikan materi sebagai berikut ini: kajian pariwisata dari perspektif ekonomi, bauran pemasaran pariwisata, daur hidup destinasi pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata, pemasaran holistik dalam industri jasa pariwisata, konsumen pariwisata dan motivasi berwisata, bauran produk pariwisata, suplai pariwisata, industri akomodasi dan kuliner pariwisata, paket wisata, segmentasi pasar, mengukur kepuasan wisatawan, mengukur loyalitas wisatawan, citra destinasi pariwisata, strategi pemasaran  destinasi pariwisata berkelanjutan, potensi segmen pasar wisatawan senior, dan e-commerce pada industri pariwisata.

Buku ini baik sebagai referensi untuk memahami bauran pemasaran produk pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan hubungan dengan daya tarik pariwisata, memahami bentuk dan jenis pariwisata yang akan dipasarkan, dan memberikan  gambaran  dalam  proses  perencanaan, pengenalan, pengembangan pariwisata dan promosi daya tarik wisata yang efektif dan efesien sesuai dengan karakteristik produk pariwisata.

Terimakasih saya ucapkan kepada banyak pihak yang telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung untuk terbit buku ini, semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan pariwisata dan hospitalitas di Indonesia.

Secara khusus penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. yang telah bersedia menjadi pendamping hibah penulisan buku ajar tahun 2016 yang oleh perannyalah buku ini

akhirnya dapat diselesaikan. Pada kesempatan ini, penulis juga mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan yang telah meloloskan naskah buku ini sebagai salah satu pemenang Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016 sehingga buku ini dapat dicetak, didanai, dan dipublikasikan.

Silahkan cek http://andipublisher.com/produk-0217006278-pemasaran-pariwisata.html

atau ORDER LANGSUNG KE PENULIS (Selama persedian masih ada)

Kontak HP. 081337868577 (Bp. Rai Utama)

Rp. 115.000,- (+ongkos kirim menyesuaikan)

Transfer ke:

Bank BCA
No.Rekening:4350207291
a/n: I Gst Bgs Rai Utama

 

———————————-

DAFTAR ISI

  • PRAKATA     ii
  • BAB I 1
  • PARIWISATA DARI PERSPEKTIF EKONOMI   1
  • 1.1 Definisi Pariwisata di Indonesia   1
  • 1.2 Pariwisata Mesin Penggerak Perekonomian Dunia           4
  • 1.3 Dampak Pariwisata terhadap Perekonomian        8
  • BAB II            15
  • BAURAN PEMASARAN PARIWISATA  15
  • 2.1 Pemasaran sebagai sebuah proses 15
  • 2.2 Elemen Pemasaran Pariwisata       16
  • 2.3 Konsep Pemasaran jasa     18
  • 2.4 Bauran Pemasaran yang diperluas untuk Jasa Pariwisata 19
  • BAB III          27
  • DAUR HIDUP DESTINASI PARIWISATA          27
  • 3.1       Trend Positif Pariwisata          27
  • 3.2       Daur Hidup Destinasi 30
  • 3.2.1    Tourist Area Lifecycle            30
  • 3.2.2    Index of Irritation       33
  • BAB IV          41
  • KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA     41
  • 4.1 Komunikasi Pemasaran Pariwisata           41
  • 3.2 Kondisi  Jasa Pariwisata Global    43
  • 4.3 Fungsi Bagian Pemasaran 45
  • 4.4 Proses Perencanaan Pemasaran     47
  • 4.5 Faktor Politik dan Hukum            50
  • 4.6 Faktor Ekonomi    50
  • 4.7 Faktor Sosial Budaya        50
  • 4.8 Faktor Teknologi   51
  • 4.9 Lingkungan Media            52
  • 4.10 Industri Komunikasi Pemasaran 53
  • 4.11 Industri Komunikasi dan Operasi Pemasaran     53
  • 4.12     Komunikasi Pemasaran sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan      55
  • 4.13 Pembentukan Visitor Center sebagai Progran Komunikasi pemasaran yang efektif      57
  • BAB V            62
  • PEMASARAN HOLISTIK DALAM INDUSTRI JASA PARIWISATA  62
  • 5.1       Rantai Rantai Layanan           62
  • 5.2       Kualitas layanan internal (internal service quality)     67
  • 5.3       Kepuasan karyawan (employee satisfaction)  68
  • 5.4       Loyalitas karyawan (employee loyalty)          69
  • 5.5       Nilai layanan eksternal (external service value)          70
  • 5.6       Kepuasan pelanggan (customer satisfaction)  70
  • 5.7       Loyalitas pelanggan (customer loyalty)          71
  • 5.8       Pertumbuhan pendapatan (revenue growth)   72
  • 5.9       Profitabilitas (Profitability)     73
  • BAB VI          74
  • KONSUMEN PARIWISATA DAN MOTIVASI BERWISATA   74
  • 6.1 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perjalanan    74
  • 6.1.1 Aspek Penawaran Pariwisata     75
  • 6.1.2 Aspek Permintaan Pariwisata    76
  • 6.2 Motivasi Melakukan Perjalanan Wisata    77
  • BAB VII         85
  • BAURAN PRODUK PARIWISATA          85
  • 7.1 Bauran Produk Pariwisata            85
  • 7.2 Pengertian  Jasa Pariwisata           90
  • 7.2.1 Dimensi Spasial  91
  • 7.2.2 Dimensi Industri            92
  • 7.2.3 Dimensi Akademis         93
  • 7.2.4 Dimensi Sosial Budaya  93
  • 7.3 Definisi Pariwisata di Indonesia   94
  • BAB VIII       98
  • SUPLAI PARIWISATA       98
  • 8.1 Kategorisasi Suplai Pariwisata      98
  • 8.1.1 Prasarana Pariwisata      98
  • 8.1.2 Sarana Pariwisata           99
  • 8.1.3 Daya Tarik  Wisata        101
  • 8.1.4 Organisasi Kepariwisataan         101
  • 8.1.5 Daya Tarik Wisata         101
  • 8.2 Jenis-Jenis Pariwisata        104
  • 8.2.1 Wisata Budaya   104
  • 8.2.2 Wisata Maritim atau Bahari       104
  • 8.2.3 Wisata Cagar Alam        105
  • 8.2.4 Wisata MICE     106
  • 8.2.5 Wisata Agro       111
  • 8.2.6 Wisata Buru       114
  • 8.2.7 Wisata Ziarah     115
  • BAB IX          118
  • INDUSTRI AKOMODASI DAN KULINER PARIWISATA       118
  • 9.1 Pengertian Hotel   118
  • 9.2 Klasifikasi Hotel   119
  • 9.2.1 Jenis hotel menurut tujuan kedatangan tamu     119
  • 9.2.2 Jenis hotel menurut lamanya tamu menginap    120
  • 9.2.3 Jenis hotel menurut jumlah kamar          121
  • 9.2.4 Jenis hotel menurut lokasinya    121
  • 9.2.5    Klasifikasi Berdasarkan Kelas            122
  • 9.2.5 Klasifikasi Berdasarkan PHRI   122
  • 9.3 Pelayanan Makanan dan Minuman Pariwisata     122
  • BAB X            124
  • PAKET WISATA      124
  • 10.1 Definisi Paket Wisata     124
  • 10.2 Paket Wisata Luar Negeri           125
  • 10.3 Paket Wisata Domestik   129
  • BAB XI          133
  • SEGMENTASI PASAR        133
  • 11.1 Definisi Segmen Pasar    133
  • 11.2 Segmentasi pasar 134
  • 11.3 Pola Segmentasi Pasar    137
  • 11.4 Segmentasi yang Efektif 138
  • 11.5 Strategi Pemilihan Pasar 139
  • 11.6 Manfaat Segmentasi Pasar          140
  • 11.7 Target Pemasaran            141
  • BAB XII         142
  • MENGUKUR KEPUASAN WISATAWAN           142
  • 12.1 Definisi Kepuasan           142
  • 12.2 Mengukur Kepuasan       144
  • BAB XIII       147
  • MENGUKUR LOYALITAS WISATAWAN          147
  • 13.1 Definisi Loyalitas            147
  • 13.2  Mengukur Loyalitas Konsumen 148
  • 13.3  Loyalitas Wisatawan terhadap Destinasi           150
  • BAB XIV       157
  • CITRA DESTINASI PARIWISATA           157
  • 14.1 Citra Destinasi Pariwisata           157
  • 14.2 Faktor Pembentuk Citra Destinasi          159
  • BAB XV         162
  • STRATEGI PEMASARAN  DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN 162
  • 15.1 Strategi dan Perubahan   162
  • 15.2 Prospek dan Tantangan Pariwisata         165
  • 15.3 Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata            168
  • 15.3.1 Tahap Identifikasi        168
  • 15.3.2 Tahap Formulasi Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata      171
  • 15.3.3 Tahap Implementasi     172
  • 15.3.4 Kebijakan Produk        172
  • 15.3.5 Kebijakan Harga          173
  • 15.3.6 Saluran Distribusi Pemasaran (Marketing Distribution Channel)        173
  • 15.4 Promosi (Promotion)       174
  • 15.5 Monitoring dan Evaluasi 175
  • 15.6 Studi Kasus Perumusan Strategi Pemasaran Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara  Kabupaten Jembrana  Bali      176
  • BAB  XVI      187
  • CERUK PASAR WISATAWAN SENIOR 187
  • 16.1 Kecenderungan Pariwisata Global          187
  • 16.2 Pemilihan Aktivitas Wisata Untuk Kaum Senior           190
  • 16.3 Definisi Wisatawan Senior         194
  • 16.4 Trend Wisatawan Senior Internasional dan Nasional     196
  • 16.5 Pemilihan Aktivitas Leisure Wisatawan Senior  197
  • BAB XVII      201
  • E-COMMERCE PADA INDUSTRI PARIWISATA          201
  • 17.1 E-Tourism           201
  • 17.2 Electronic Commerce      205
  • 17.2.1 Perspektif E-commerce            207
  • 17.2.2 Jenis-Jenis E-COMMERCE    207
  • 17.3 Aplikasi E-commerce Situs dan startup travel Populer   211
  • GLOSARIUM            217
  • DAFTAR PUSTAKA            221
  • INDEX           234
  • BIODATA PENULIS            236
Advertisements

About bahankuliah

SE (B.A.) (2001), MMA. (2005) M.A. (2007) and Dr. (2014) from Mahasaraswati University Denpasar, Udayana University, Denpasar, CHN Professional University Nentherlands, Udayana University, Denpasar, Indonesia I did my doctoral research in Bali, Indonesia, in 2010-2014 and have been studying Destination Management ever since, and my Master research in Bali, Indonesia, in 2003-2005 about Agro-tourism. I joined the hotel management faculty at the University of Dhyana Pura University, Bali in 2001 and have been here ever since.

Posted on June 28, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: